Sabtu, 12 Juni 2010

Perang Eropa

Ketika telah cukup umur, Hitler harus masuk milisi atau wajib militer. Tetapi dia tidak melaporkan diri. la malah ke luar negeri, ke kota Munchen di Jerman. Dia dikejar oleh polisi Austria sebagai desertir … (Bab tentang Hitler pada Masa Muda)

“Semua tabung torpedo kini telah kosong. Saya putuskan untuk mengundurkan diri, antara lain karena dugaan seorang pengendara mobil telah mernergold kami. Mobilnya berhenti di depan kami, kemudian memutar dan lari sekencang-kencangriya ke arah Scapa…- (Gunther Prien, komandan U-47 setelah berhasil menenggelamkan kapal tempur Inggris HMS Royal Oak di pangkalan Scapa Flow)

“Tak pernah dalam sejarah konflik kemanusiaan, sedemikian banyak orang yang berutang atau menggantungkan diri kepada begitu sedikit orang…’ (PM Churchill tatkala memuji para pilot RAF yang akhirnya berhasil mengalahkan Luftwaffe dalam Battle of Britain)

Eropa 1_0001

“Saya melihat pesawat terbang meledak, lalu tampak pasukan yang diangkutnya bertebaran di udara seperti kacang berantakan dari kantung kertas yang robek…” (Bab tentang Perebutan P. Kreta dari Udara oleh Jerman)

Akan tetapi tampak jelas bahwa sikap pasukan Rusia berbeda sekali apabila dibandingkan dengan lawan Jerman di Polandia atau Eropa Barat. “Sekalipun terkurung, tentara Rusia terus bertahan dan bertempur…” demikian seorang jenderal Jerman (Bab tentang Operasi Barbarossa)

Ketika Rommel melintasi perbatasan Mesir pada tanggal 24 Juni 1942, maka dia tinggal mempunyai 12 atau 13 tank saja. Persediaan bahan bakar dan mesiu juga sangat mengkhawatirkan. Meskipun demikian, Inggris tak mampu juga menghancurkan tentara Rommel yang telah menipis itu … (Bab tentang Montgomery Menang di El Alamein)

* Tepat pukul 10.45 pagi. Hatinya berdebar-debar, tetapi tidak ada sesuatu yang terjadi. Mungkinkah ada sesuatu yang kurang beres? Lewat satu menit … dua…. Tiba-tiba terlihat cahaya berkilau, suatu ledakan hebat terlihat dan terdengar di permukaan air…. Dengan demikian, musnahlah persediaan air berat Jerman yang paling besar dan mesin-mesin yang tak ternilai harganya. (Bab tentang Jerman Hampir Berhasil Membuat Born Atom)

* Sebaliknya kaum partisan pun harus mengakui keberanian tentara Jerman. Kalau mereka menyerang posisi partisan, “mereka maju dengan tenang, seolah-olah sedang mengadakan parade”. Di pihak lain Jerman juga kagum pada kepandaian Tito. Kepala SS Jerman harus mengakui kelicinan Tito. Setiap kali dikepung, setiap kali pula Tito berhasil lolos, demikian Himmler. (Bab tentang Perlawanan Partisan Yugoslavia)

* Dari pernyataan ini, nyatalah betapa kuat alasan Liddell Hart untuk menamakan doktrin unconditional surrender sebagai blunder terbesar Sekutu dalam peperangan ini. Dari segala sudut, doktrin itu malah menyulitkan kedudukan Sekutu dan menguntungkan Hitler. (Bab tentang Tuntutan Roosevelt Mengenai Jerman Hares Menyerah Tanpa Syarat)

* Gibson memanggil pilot Shannon untuk menyerang. Tetapi segera ia mendengar suara tajam di alai komunikasinya, suara Martin yang berteriak bahwa dam telah lenyap. la melihat Dam Mochne pecah berantakan dan runtuh. Air sebannyak 134 juta ton sekarang membanjir hebat ke lembah Mochne. (Bab tentang Skadron 617 RAF Menyerang Bendungan Jerman)

* Mendengar itu Mussolini pun menjadi pucat, berdirinya sempoyongan, seolah-olah ia menerima pukulan dahsyat di dadanya. “Kalau begitu tamatlah riwayat saya,” kata Mussolini dengan suara lemah. (Bab tentang Dijatuhkan dan Ditangkapnya Diktator Fasis Italia oleh Raja Victor Emmanuel)


FIGHTING TECHNIOUES OF A PANZERGRENADIER

* Kapal-kapal pendarat karam, penumpangnya mati secara mengenaskan. Jeritan dari yang luka-luka hilang lenyap ditelan laut yang hitam. Mereka yang selamat, setibanya di pantai langsung dihujani peluru senapan mesin dan mortir…. (Bab tentang Pendaratan Sekutu dan Pertempuran di Pantai Salerno, Italia)

Di Pointe du Hoc, suatu bukit karang setinggi 100 kaki terdapat sarang meriam kaliber 155 mm, enam bush banyaknya. Dengan meriam ini Jerman clapat menyapu seluruh pantai Omaha. Tugas untuk menyingkirkannya diberikan kepada sepasukan Ranger pimpinan Letkol James E. Rudder…. (Bab tentang Pendaratan Sekutu di Normandin)

Pada saat itulah born meledak. Terdengar dentuman kerns hingga tiga. kali. Akibatnya sangat dahsyat. Meja yang berat itu hancur clan asap tebal mengepul keluar …. Sambil berlari-lari Marsekal Keitel berteriak, “Di mana Fuhrer? Di mana Fuhrer?” Hitler sendiri untuk kesekian kalinya lolos dari maut. (Bab tentang Percobaan Pembunuhan terhadap Hitler oleh Kolonel Graf von Stauffenberg, 20 Juli 1944)

Pasukan payung Inggris bertahan terns. Dalam pertempuran jarak dekat, bayonet pun digunakan. Segala days dikerahkan untuk melawan pasukan Jerman, termasuk terhadap tank meski hanya dengan grant tangan. Pasukan payung makin terjepit, tetapi Jembatan Arnhem masih tetap di tangan mereka…. (Bab tentang Kegagalan Sekutu Merebut Jembatan Arnhem, September 1944)

Bill buru-buru memberikan senapan otomatisnya kepada Valerio. Kali ini tidak ada kemacetan, lima butir peluru memasuki tubuh Mussolini. Kepalanya terkulai di dadanya, lututnya bengkok dan is rubuh ke tanah…. (Bab tentang Esekusi terhadap Diktaktor Italia, 28 April 1945)

Terdengar bunyi tembakan – satu kali saja. Beberapa saat kemudian mereka yang menunggu di luar masuk ke dalam kamar dan mendapati Hitler terduduk di atas dipan tempat tidur yang telah penuh dengan darahnya. Eva Braun jugs di dipan itu, telah mati. (Bab tentang Saat-saat terakhir Adolf Hitler yang Bunuh Did, 30 April 1945)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar